RSS

Aku dan Asimetris

21 Agu

Asimetris adalah band yang aku dan teman-teman bentuk saat masih bangku kuliah semester 2 dulu. Band ini lahir awalnya juga hanya untuk memenuhi tuntutan event Dies Natalis Program Studi P.Matematika atau biasa diebut Gema Sena 5 (Gebyar malam seni matematika).

Untuk menuju ke event pertama kami itu, perjuangan benar-benar sangat berat. Karena selain kami hanya berempat, skill bermusik kami juga masih dibilang mulai dari nol, meskipun beberapa personel sudah bisa maen alat musik.

ASIMETRIS Formasi 1

  • Vocalist + Guitarist 2 : Shin
  • Guiatrist 1 + Keyboardist : Randipopo
  • Bassist : Aga
  • Drummer : Birrul

Tak terduga, Gema Sena 5 saat itu panitia kerjasama dengan LollyPop (Band hip-hop terlaris di Jember saat itu). Karena di hari yang sama LollyPop juga ingin merayakan ultahnya di depan publik Jember. LollyPop pun mengundang 14 band ternama di Jember antara lain Tamasya, Orange Juice, K2 Reggae, dll.

Awalnya Asimetris hanya diproyeksikan sebagai band pembuka acara besar itu, tapi karena tiba-tiba ada acara lain, K2 reggae minta manggung terlebih dahulu. Alhasil penonton dengan jumlah ratusan mulai memadati Lap Parkir Soetarjo UNEJ. Dan kemudian dilanjutkan Asimetris yang tampil.

Asimetris cukup nervous saat itu, selain itu adalah panggung perdana buat asimetris. Penontonnya pun bisa dibilang sangat banyak. Saat itu Asimetris membawakan 2 buah lagu yang cukup eazy listening, yaitu Sampai Nanti (Putih) dan Jauh Mimpiku (Peterpan).

Ternyata Asimetris tak hanya berhenti sampai di situ saja. 2 event terdekat selanjutnya (Festival band pelajar dan mahasiswa STAIN dan Panggung Bebas Narkoba di Arjasa) coba diikutinya dengan mulai membawakan lagu-lagu indie-nya. Lagu-lagu yang dibawakan saat itu adalah Mengharapkanmu (cipt. shin) dan Tak Berharap (cipt. Aga). Setelah acara-acara itu, kami sempat vakum beberapa saat dikarenakan kesibukan kuliah masing-masing yang cukup padat.

Akhirnya setelah sekian lama vakum, Asimetris hidup lagi. Dengan warna baru, dengan tambahan vokalis baru. Adalah Ronnie, mahasiswa PGSD yang bersedia bernyanyi buat band indie yang sekedar iseng ini.

ASIMETRIS Formasi 2

  • Vocalist : Ronnie
  • Guiatrist 1 + Keyboardist : Randipopo
  • Guitarist 2 : Shin
  • Bassist : Aga
  • Drummer : Birrul

Dengan warna baru, kami mulai konsisten dengan genre musik yang mulai padu ini. Yang akhirnya tanpa disadari lahirlah warna musik Alternative Sweet Pop di tubuh aransemen Asimetris. Hal ini dibuktikan dengan mencoba dengan proses recording lagu-lagu indie yang kami miliki. Dan hasilnya sampai sekarang Asimetris sudah mempunyai 6 lagu indie dengan format mp3 yang direkam di Popo Studio menggunakan Cool Edit Pro 2.1 dan Fruity Loop 6.

Lagu-lagu itu antara lain:

  1. BERTAHAN MENCINTAIMU
  2. YAKINKAN DIA
  3. S’LALU ADA
  4. KAN KUBERI CINTA (KKC)
  5. MENGHARAPKANMU
  6. IJINKANKU S’LALU

Dari Keenam lagu itu, beberapa coba dikirmkan ke Radio-radio lokal. Yang paling hits adalah lagu “Ijinkanku S’lalu“. Lagu yang diciptakan oleh Randipopo ini mampu menggebrak chart 10 besar tangga lagu band Indie di Radio Swara Situbondo.

Semakin hari Asimetris mulai menunjukkan progressnya, di acara Gema Sena 6 Asimeris mulai percaya diri membawakan lagu-lagu indie nya di depan mahasiswa FKIP Matematika. 2 lagu yang jadi andalan saat itu adalah Bertahan Mencintaimu (Asimetris) dan Hanya Ingin kau Tahu (Repvblik) yang dirubah aransemen dan temponya menjadi PopRock. Dan setelah itu, Asimetris kembali vakum lagi cukup lama.

1 tahun berselang, Asimetris coba dibangkitkan lagi untuk acara di penghujung semester akhir. yaitu Gema Sena 7. Kami berlima mulai latihan rutin  lagi untuk mempersiapkan acara itu. Latihan demi latihan terus berlangsung hingga mendekati hari-H, 2 personel  asimetris mengalami gangguan teknis. Birrul sang penggebuk drum terpaksa harus digantikan oleh Loy (mahasiswa Hukum 2008) dikeranakan cedera pada pergelangan kakinya. Dan Ronnie sang vokalis pun juga terpaksa digantikan Fananie yang juga mahasiswa hukum 2008 dikarenakan pita suaranya yang sedang error.

ASIMETRIS Formasi 3

  • Vocalist : Fananie
  • Guitarist 2 : Shin
  • Guiatrist 1 : Randipopo
  • Bassist : Aga
  • Drummer : Loy

Setelah beberapa kali latihan dengan formasi baru, Asimetris kali ini mengusung warna lebih fresh dari sebelumnya. Itu dapat dibuktikan dari acara Gema Sena 7, dengan lagu Rasa Ini (The Titans) dan Percayakan (Lyla), Asimetris mendapatkan gelar Best Performance malam itu.

ditulis oleh Randipopo

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Agustus 2010 in About Me, Musik

 

5 responses to “Aku dan Asimetris

  1. yeniang '06

    21 Agustus 2010 at 17:24

    po, kpn melahirkan?????

     
  2. shiro

    23 Agustus 2010 at 12:49

    kpn lg mo nyanyi lagu baru???? asimeter dah nunggu yg lbh fress lg.

    NB: @shin: lagu2x jgn trlalu melo y…. gmn kl lagu barux judulx “masih mengharapkanmu??”

     
  3. wulan

    23 Agustus 2010 at 12:58

    bagos bagosssssssssss

     
  4. sitinah eztehmaniez

    22 April 2011 at 15:15

    tpi harus bener2 pny ciri khas sendiri ya mas, jangan melayu mulu (kyk st12, kangen band dkk), bosennnn……keluar jalur dari yg sudah ad bisa jadi ciri khas unik yg gk bkln gmpang dilupain gitu aj, jadiin musik Indonesia gk jalan di tempat kyk sekarang, ok ^_^

     
    • Randipopo

      23 April 2011 at 14:25

      sip2… tu musikx kan gak melayu…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: