RSS

Pentatonix, “Modern Accapela yang Mendunia”

23 Jul

ptx

SIAPA ITU PENTATONIX?

Pentatonix adalah sebuah grup akapela yang berasal dari Arlington (Texas) yang terdiri atas 5 personel yaitu Scott Hoying (Bariton/Lead Vocal), Kirstie Maldonado (Alto), Mitch Grassi (Tenor), Avi Kaplan (Bass) dan Kevin Olusola (Beatbox).

Pentatonix mengawali karir dengan menjadi pemenang The Sing-Off musim ketiga di NBC pada tahun 2011. Pentatonix memenangkan $200.000 dan kontrak rekaman dengan Sony.

Lagu-lagu yang dibawakan Pentatonix (PTX) saat berada di The Sing-Off season 3:

  • E.T (Katty Perry)
  • Your Love is My Drug (Ke$ha)
  • Piece of My Heart (Erma Franklin)
  • Video Killed the Radio Star (The Buggles)
  • Love Lockdown (Kanye West)
  • Medley of Britney Spears
  • Born to be Wild (Steppenwolf)
  • Stuck Like Glue (Sugarland)
  • OMG (Usher)
  • Let’s Get It On (Marvin Gaye)
  • Forget You (C L Green)/ Since U Been Gone (K Clarkson)
  • Dog Days Are Over (Florence and the Machine)
  • Without You (David Guetta)

Sampai saat ini Pentatonix sudah membuat 3 mini album yaitu PTX Vol 1, PTXMas dan PTX Vol 2. Selain itu beberapa single cover video di Youtube pun sudah ditonton lebih dari jutaan pasang mata untuk setiap videonya. Beberapa video yang sangat fenomenal antara lain Say Something, Evolution of Music, I Need Your Love, Daft Punk Medley, dan banyak lagi yang lainnya.

Pentatonix dapat dikatakan sangat unik. Selain mereka menerapkan permainan pada komposisi vokal trio, mereka juga memiliki duet ritmik yang sangat powerfull. Avi pada bass dan Kevin Olusola (K.O) pada beatbox memberikan nuansa baru pada perkembangan musik akapela. Aliran musik Techo-Pop dimasukkan pada seni instrumen vokal. Mereka ingin menunjukkan dengan vokal yang dimiliki manusia, mereka pun bisa membuat musik layaknya hasil bunyi gabungan alat musik. Semua juri The Sing-Off pun mengakui kalau dengan adanya Pentatonix, akapela serasa akan hidup kembali dan beralih ke arah modern akapela yang dulunya hanya memikirnya komposisi nada, kini juga harus mempertimbangkan jenis bunyi yang dihasilkan.

ptx2

SEJARAH TERBENTUKNYA PENTATONIX

Pentatonix dimulai dengan tiga sahabat yang tumbuh bersama. Mereka adalah Kirstin “Kirstie” Maldonado, Mitch Grassi, dan Scott Hoying. Mereka bertiga menuntut ilmu di tempat yang sama, yaitu di Martin High School Arlington Texas.

Mereka bertiga mencoba membentuk “trio” dan mengcover lagu “telephone”. Mereka mengirimkan video lagu tersebut pada radio lokal dengan harapan bisa menjadi tokoh/bintang acara Glee. Namun kenyataannya mereka tak memenangkannya. Meskipun begitu, respon pengguna Youtube cukup meningkat saat melihat video mereka. Dan mulailah mereka melanjutkan aksi-aksi trionya di berbagai lagu yang diunggah di Youtube.

Scott Hoying dan Kirstie Maldonado lulus dari Martin High School Arlington Texas pada tahun 2010. Scott pergi ke University of Southern California (USC) untuk mengejar gelar sarjana di bidang Popular Music, sementara Kirstie menempuh jurusan Teater Musikal di The University of Oklahoma. Sementara itu Mitch, anggota termuda trio itu, masih berada sekolah kelas akhir .

Saat menempuh studi di USC, Scott Hoying bergabung dengan grup acapela yang bernama SoCal Vocals. Kemudian dia mengetahui tentang adanya audisi The Sing-Off season 3. Dia membujuk Kirstie Maldonado dan Mitch Grassi untuk bergabung dengannya, tapi dalam acara itu diperlukan setidaknya (minimal) empat orang anggota. Scott kemudian bertemu dengan Avriel “Avi” Kaplan, penyanyi bersuara bass yang sangat diakui dalam komunitas acappella.

Karena dirasa belum cukup bernyanyi berempat, Scott (melalui seorang teman) menemukan Kevin Olusola di YouTube dengan video Celloboxing-nya. Scott mengajaknya bergabung untuk mengikuti audisi The Sing-Off, dan akhirnya Kevin pun menyanggupinya. Kevin merupakan lulusan dari Yale Pre-Med, dan juga fasih berbahasa Mandarin Cina setelah menghabiskan satu tahun belajar di China.

Penulis: Randi Pratama M

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Juli 2014 in Musik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: